Tutorial Konfigurasi PCSX2 0.9.8 ( Full Speed )

Tuesday, August 16, 2011
NEW PCSX2 0.9.9 bisa anda lihat di sini.


Sebelumnya saya sudah membahas tentang konfigurasi emulator PS1(PSXfin)+Gameshark/Cheat and emulator PS1 (ePSXe). Kali ini saya membahas tentang konfigurasi standar dan konfigurasi full speed untuk emulator PCSX2 0.9.8.

Klik disini untuk melihat tutorial atau cara menggunakan cheat/gameshark di pcsx2 0.9.8
Spesifikasi minimum untuk emulator PS2:
  1. Windows XP/Windows Vista or Linux 32bit/64bit
  2. CPU that supports SSE2 (Dual Core and up, Athlon64 and up)
  3. GPU that supports Pixel Shader 2.0
  4. 1GB RAM.
Spesifikasi yang direkomendasikan untuk emulator PS2 (akan berjalan sekitar 50-60fps)
  1. Windows XP/Windows 7 or Linux 32bit/64bit
  2. CPU: Core 2 Duo 3.2 GHz or Core-i series
  3. GPU: GeForce 9600 GT or better
  4. 2GB RAM (3GB or more if using Windows Vista or Windows 7)
Langkah-Langkah Instalasi PCSX2 0.9.8: ( jangan malas baca ya )

1. Download PCSX2 0.9.8 disini

2. Double Klik file yang telah didownload, lalu klik Next seperti gambar berikut

3. Klik Next

4. Klik Close

5. Double Klik shortcut PCSX2 0.9.8 di desktop Anda. Pilih languagenya: English, klik Apply kemudian klik Next

6. Pada baris yg tulisannya PAD kita klik Configure. setelah masuk sub configure pada pojok kiri atas pilih PAD1 untuk pengaturan joystick 1, dan pilih PAD2 untuk pengaturan joystick 2.jika sudah selesai klik OK lalu klik Next. (Sebaiknya anda menggunakan usb joystick agar mudah bermain. Anda juga dapat menggunakan stick playstation dengan menggunakan PS2 ke USB Converter.). Jika anda mau menggunakan keyboard sebagai pengganti joystick maka  klik menu config>pilih plugin/BIOS selector>pada baris PAD klik configure>pilih menu pad1 utk konfigurasi joystick 1, nah krn ente mw pake keyboard jadi pas ente klik "square" maka tekan tombol di keyboard yg akan dijadikan tombol petak/persegi, bgitu sterusnya utk tombol-tombol lain.


7. Download PCSX2 bios
Bios NTSC-U / USA : disini
Full Bios NTSC-U / USA + NTSC-J / Japan + PAL-E / Europe : disini

8. Jika ada perintah select bios, maka lakukan SALAH SATU dari 2 langkah berikut:

8a. Letakkan file bios yang telah Anda download di direktori C:\Users\Nama Anda\Documents\PCSX2\bios, lalu klik Refresh list dan double klik nama bios yang tampil. Terakhir klik Finish.
8b. Hilangkan tanda centang pada tulisan "use default setting". Klik Open in Explorer lalu pilih lokasi folder tempat Anda download bios tersebut. Kemudian double klik nama bios yang muncul. Terakhir klik Finish.

9. PCSX2 sudah bisa digunakan

10. Cara menjalankannya
  • Jika Anda mempunyai file-file game ps2 dengan format .iso .rng atau format image lainnya, maka klik menu CDVD -> klik Iso -> klik menu CDVD lagi -> ISO SELECTOR -> BROWSE. pilih lokasi file ps2 tersebut yg Anda punya lalu klik open atau double klik file tersebut. Setelah itu klik SYSTEM -> BOOT CDVD (FULL) atau SYSTEM -> BOOT CDVD (FAST) cara lain untuk membuka file iso:  klik menu CDVD -> klik plugin -> klik plugin menu -> plugin settings -> klik select iso dan pilih .iso / file image game yang ada setelah itu klik ok. Kemudian klik SYSTEM -> BOOT CDVD (FULL) atau SYSTEM -> BOOT CDVD (FAST)
  • Jika Anda menggunakan dvd PS2, pertama sekali klik menu Config -> Plugin/BIOS Selector -> pada baris CDVD ubah  jd cdvdgigaherz -> OK kemudian klik menu CDVD -> klik Plugin -> klik menu CDVD lagi -> Plugin Menu -> Plugin Setting, lalu anda ganti lokasinya sesuai dengan direktory dvd rom anda. Setelah itu klik SYSTEM -> BOOT CDVD (FULL) atau SYSTEM -> BOOT CDVD (FAST)
  • Jika Anda tidak bisa menjalankannya maka Anda harus update terlebih dahulu DirectX End User Runtime (offline installer) atau DirectX End-User Runtime Web Installer (online installer) lalu install Microsoft Visual C++ 2008 Redistributable Package (x86).
Jika Anda memiliki PC high end dengan spesifikasi tinggi maka tidak perlu melakukan konfigurasi lain, Anda juga dapat melihat konfigurasi nomor 11 jika emulator Anda berjalan lambat.

11. Tapi jika Anda memiliki PC low-end dengan spesifikasi kurang tinggi maka sebaiknya Anda lakukan langkah-langkah berikut ini : klik menu Config>pilih Emulation Settings>centang tanda preset yg ada di sudut kiri bawah kemudian geser ke kanan hingga pilihan 4.Aggressive>klik OK atau lihat video ini :



Note:

Link ke Youtube klik disini
Jika anda pake xp: gunakan gsdx9 (hardware)
Jika anda pake vista: gunakan gsdx10 (hardware)
Jika anda pake win 7: gunakan gsdx11 (hardware) atau gsdx10(hardware)
catatan: gsdx9, 10, 11 tergantung vga card yang digunakan, jika vga card yang digunakan support directx 11 maka akan tampil ketiga pilihan tsb tetapi jika vga card yang digunakan support directx 9 maka hanya akan tampil gsdx9 aja.

Masih lambat? untuk beberapa game juga ada yg memerlukan settingan khusus, untuk itu anda bisa mencari video settingan game anda untuk PCSX2 di website YouTube.
Contoh keyword di google, ketik: bloody roar 4 on pcsx2 site:youtube.com

12. Jika Anda terlanjur melakukan konfigurasi seperti pada video diatas tetapi tidak mendapatkan hasil yang maksimal, maka Anda bisa kembali ke konfigurasi awal dengan melihat gambarnya disini.

13. Anda dapat save game dengan menggunakan save state yaitu tekan F1 untuk save game dan tekan F3 untuk load game. Jika Anda ingin save game dengan cara biasa yaitu menggunakan memorycard maka anda harus konfigurasi dan format memorycardnya. Lihat caranya pada video berikut ini:


Link ke Youtube klik disini

14. Agar CD/DVD ROM Anda awet disarankan agar Anda menggunakan file ISO daripada DVD PS2. Anda dapat mendownload file ISO tersebut di internet atau Anda dapat membuat DVD PS2 yang Anda punya menjadi file ISO dengan menggunakan UltraISO. Untuk lebih jelasnya klik disini.

15. Kurang puas dengan penjelasan diatas? Klik disini untuk melihat tutorial untuk pemula.

Lihat juga list download ISO game PS2 disini.
Lihat list game PS2 yang bisa dimainkan di PCSX2 disini.