Review Paket Internet Unlimited

Sunday, July 1, 2012
Untuk yang punya $ pas pasan, pastinya kita pengen koneksi yang murah, cepat, dan unlimited. Berikut sedikit sharing paket internet unlimited GSM dan CDMA yang pernah ane pake (budget max IDR 50.000):

1. GSM_Three (3)
Dulu ane pake yang IDR 25rb/bln. Dengan sinyal EDGE 3 speed download*  <10KBps padahal kuota masih ada, kalau dapat sinyal HSDPA ane kurang tahu, mungkin >10KBps, temen ane bilang sih >100KBps (mungkin hoax). Setelah kuota habis speed diturunkan menjadi max. 64kbps. Muak dengan kartu 3 yang sangat lelet meskipun murah ane beralih ke

2. GSM_Telkomsel
Dulu ane pake yang IDR 50rb/bln (sekarang paket yang ini tidak ada lagi). Dengan sinyal HSDPA speed download* 50-60KBps (sebelum kuota habis), setelah kuota habis jadi <10KBps. Jangan tanya berapa speed download dengan sinyal EDGE! :@. Setelah kuota habis speed diturunkan menjadi max. 64kbps. Muak dengan kartu telkomsel yang sudah menjadi mahal dan lelet, kemudian ane beralih ke

3. GSM_XL
Ane cukup lama pake paket ini karena lumayan cepat untuk download dan browsing dari pada paket-paket yang pernah ane coba sebelumnya. Dulu ane pake yang IDR 50rb/bln (sekarang paket yang ini tidak ada lagi). Dengan sinyal HSDPA speed download* 50-60KBps (sebelum kuota habis), Setelah kuota habis speed diturunkan menjadi max.128kbps, kalau download sekitar 20-30 KBps. Karena paket ini unlimited ini sudah tidak ada ane jadi muak pake ini yang sudah menjadi mahal dan lelet, kemudian ane coba pindah ke CDMA berikut:

4. CDMA_Smartfren
Terpaksa ane beli modem baru yang bisa nampung kartu CDMA. Smartfren ini gak ada kuota. Dengan sinyal EVDO speed download* 15-25KBps. Dengan kartu ini lumayan lancar untuk browsing dan social networking. Ane masih pake sampai sekarang dengan IDR 50rb/bln. Muak dengan speed downloadnya yang minim, kemudian ane gunakan juga modem GSM yang lama dengan kartu

5. GSM_Axis:
Ane pake Axis Pro IDR 49rb/bln. Selain pake smartfren ane juga pake paket ini karena lumayan cepat untuk download dan browsing dari pada paket-paket GSM yang pernah ane coba sebelumnya. Dengan sinyal HSDPA LIPPOTEL speed download 120-140 KBps (sblum kuota abis). setelah kuota habis speed diturunkan menjadi max 128kbps. Kalau download dengan kuota yang sudah habis berkisar 8-10 KBps (dafuq). Meskipun sangat lelet tapi terkadang speed download jadi 120-140 KBps padahal kuota dah habis -_-

*download dengan IDM (Internet Download Manager)

Sekian review dari ane, kesimpulannya ane blum menemukan paket yang benar-benar cepat, stabil dan pure unlimited. Untuk saat ini ane dengan terpaksa menggunakan smartfren dan axis pro.

Bagaimana dengan Anda? Paket unlimited mana yang Anda pakai?